Transportasi adalah alat yang
dibutuhkan oleh banyak orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang
lain. Dalam kehidupannya, secara kodrati manusia memiliki kebebasan bergerak
dari satu tempat ke tempat lain untuk melakukan perjalanan sebagai perwujudan
kebutuhan dasar manusia. Liburan atau wisata merupakan salah satu kebutuhan
jasmani bagi manusia untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas pekerjaan
sehari-hari. Lebih dari itu, sebenarnya wisata bukanlah sekadar aktivitas
keluar dari jenuhnya rutinitas. Singgahilah sebuah tempat dan kenalilah
caranya, maka wisata akan menjadi ajang memperluas dunia, menjadi media untuk
meraih sahabat dan “saudara”, juga memperoleh kemewahan pengalaman.
Unsur dari perjalanan wisata sangatlah banyak, mulai dari transportasi, akomodasi, tempat tujuan, sampai biaya untuk wisata itu sendiri. Wisata bukan hanya terfokus pada satu tujuan tempat wisata saja, namun masih banyak hal-hal lain yang termasuk rangkaian dari kegiatan wisata, seperti oleh-oleh, makanan khas, dan souvenir serta cendera mata. Tidak lupa bagaimana caranya agar dalam suatu perjalanan wisata, kita bisa mengalami suatu sensasi liburan yang mengesankan.
Biro perjalanan atau travel agents adalah usaha yang bergerak di bidang jasa dan merupakan sarana yang dibutuhkan seseorang dalam melakukan perjalanan. Tugas agen perjalanan adalah menjadi perantara yang dipercaya oleh sang wisatawan untuk melakukan transaksi dengan industri dunia pariwisata yang menyediakan jasa transportasi, hotel, dan sebagainya. Tugas yang lebih luas adalah sang agen berfungsi sebagai konsultan, menawarkan daerah tujuan wisata sesuai dengan selera sang wisatawan. Sang agen menawarkan nilai tambahnya sebagai seorang yang berfungsi sebagai filter dan selektor dalam menganalisa informasi yang jumlahnya sangat banyak mengenai daerah-daerah wisata, atraksi dan daya tarik setiap daerah wisata.
Setiap manusia selalu mempunyai rasa ingin tahu terhadap dunia luar, apalagi dengan perkembangan teknologi digital yang makin pesat mendorong manusia untuk melakukan perjalanan untuk mengenal dunia yang lain. Dengan semakin berkembangnya pemakaian Internet di seluruh dunia, terutama pemakaian Internet sebagai media yang memungkinkan seorang wisatawan untuk langsung mengatur rencana perjalanannya dan membuat reservasi hotel dan jasa transportasi, maka semakin ramai juga dibicarakan dampaknya Internet ini bagi agen-agen perjalanan (travel agents).
Dampak Internet yang paling sederhana adalah tuntutan bahwa setiap agen perjalanan harus mampu mengintegrasikan pemakaian Internet sebagai media untuk menjangkau dan melayani konsumennya. Internet mungkin akan menuntut agen perjalanan untuk berfungsi lebih dari sekedar badan yang melakukan reservasi. Tersedianya Internet bagi para konsumen mungkin akan mendorong para agen perjalanan untuk menawarkan nilai tambah lainnya bagi para konsumen. Nilai tambah ini dapat berupa pengetahuan yang lebih mendalam mengenai tujuan wisata, agen perjalanan didorong untuk menjadi konsultan perjalanan.
Internet adalah sebuah fenomena yang membuka kesempatan yang sangat luas dan positif bagi dunia agen perjalanan Indonesia dan seluruh dunia. Hal ini disebabkan Internet mampu:
1. Meningkatkan minat untuk travel di kalangan masyarakat dunia.
Semakin tersedianya informasi mengenai daerah tujuan wisata akan meningkatkan minat masyarakat dunia untuk travel. Yang jelas, kesenjangan informasi yang menyebabkan ketidak-tahuan akan semakin berkurang, sehingga orang akan lebih mempunyai minat untuk travel ke daerah-daerah tujuan wisata yang sebelumnya tidak dipertimbangkan.
2. Memperluas pasar.
Internet memungkinkan para agen perjalanan di Indonesia untuk menawarkan produknya secara langsung kepada para wisatawan dan partner agen perjalanan di negara-negara yang selama ini tidak terbuka. Hasil survey Bali Online menunjukkan, setiap dollar yang dibelanjakan oleh seorang wisatawan di Bali, ada satu atau satu setengah dollar lagi yang dibelanjakan oleh sang wisatawan di luar Bali. Mungkin ini untuk membeli tiket pesawat, membeli paket tour di negaranya, dsb. Kalau ini bisa ditawarkan langsung dari Indonesia (melalui Internet), berarti volume transaksi pariwisata Indonesia bisa meningkat tanpa perlu meningkatkan jumlah wisatawan yang datang.
3. Memperluas komunikasi untuk melayani konsumen.
Semakin luasnya pemakaian Internet memungkinkan komunikasi yang semakin luas antara agen perjalanan dan konsumen lebih dari jam buka kantor. Dengan meningkatnya pilihan bagi konsumen, meningkatnya target pasar agen perjalanan, serta meningkatnya komunikasi antara agen perjalanan, dan konsumen, maka dunia usaha perjalanan akan berlangsung dengan semakin lancar. Pelaksanaan dunia usaha perjalanan akan semakin mudah.
Intelligence Unit dari majalah Economist, dalam laporannya mengenai hubungan Internet dan pariwisata menyimpulkan bahwa teknologi informasi Internet ini mempunyai dampak yang bersifat fundamental dan luas dalam mekanisme pemasaran, distribusi, penjualan, dan penyampaian travel, karena pada dasarnya bisnis utama di belakang travel adalah informasi (“fundamental and far reaching impact on the way travel is marketed, distributed, sold and delivered simply because the real business behind travel is information").
Sewaktu fasilitas telepon bebas pulsa 1-800 diperkenalkan di Amerika. Hotel dan perusahaan penerbangan menyediakan fasilitas nomor ini untuk orang yang ingin membuat reservasi penerbangan atau hotel, para agen perjalanan banyak yang ribut. Reaksi umum adalah menganggap bahwa Internet itu akan menggantikan fungsi agen perjalanan dan menduga bahwa fasilitas ini akan membuat pekerjaan mereka tidak diperlukan lagi. Ternyata yang dikhawatirkan tidak menjadi kenyataan. Memang benar banyak reservasi yang datang langsung dari pelanggan media online seperti ini. Tapi sebagian besar orang akan tetap memakai jasa seorang agen perjalanan.
Kenapa? Misalnya saya ingin melakukan liburan ke suatu tempat, katakanlah ada 5 jasa transportasi dan 5 hotel di tempat tersebut. Untuk mencari harga terbaik, berarti saya harus menelpon 5 hotel dan 5 jasa transportasi. Menelpon seorang agen perjalanan yang terpercaya jelas akan lebih efisien bagi saya. Belum lagi ditambah dengan kenyataan minimnya informasi yang kita dapat dan di mana sang agen perjalanan mungkin mengetahui promosi atau diskon khusus yang berlaku pada saat saya liburan ke tempat itu.
Sebuah agen perjalanan di Indonesia bisa menjadi kekuatan global dengan seketika, menjangkau konsumen dari seluruh dunia, dengan pelayanan non-stop 24 jam. Jumlah calon
wisatawan yang meningkat, pelayanan yang meningkat, dan jangkauan pasar yang meningkat, jelas merupakan sesuatu yang sangat menarik bagi agen perjalanan Indonesia.
Komunitas online perlu kita perhitungkan juga di zaman serba internet ini. Kita bisa mendapatkan banyak informasi dari para pengguna internet. Belakangan banyak bermunculan tawaran kerjasama dari perusahaan transportasi di forum-forum internet tanah air. Banyak juga situs-situs yang dikelola pecinta perjalanan yang berbagi pengalamannya, disinilah kita bisa banyak belajar dan melihat peluang. Menjalin hubungan dengan komunitas online akan mendukung usaha kita.
Unsur dari perjalanan wisata sangatlah banyak, mulai dari transportasi, akomodasi, tempat tujuan, sampai biaya untuk wisata itu sendiri. Wisata bukan hanya terfokus pada satu tujuan tempat wisata saja, namun masih banyak hal-hal lain yang termasuk rangkaian dari kegiatan wisata, seperti oleh-oleh, makanan khas, dan souvenir serta cendera mata. Tidak lupa bagaimana caranya agar dalam suatu perjalanan wisata, kita bisa mengalami suatu sensasi liburan yang mengesankan.
Biro perjalanan atau travel agents adalah usaha yang bergerak di bidang jasa dan merupakan sarana yang dibutuhkan seseorang dalam melakukan perjalanan. Tugas agen perjalanan adalah menjadi perantara yang dipercaya oleh sang wisatawan untuk melakukan transaksi dengan industri dunia pariwisata yang menyediakan jasa transportasi, hotel, dan sebagainya. Tugas yang lebih luas adalah sang agen berfungsi sebagai konsultan, menawarkan daerah tujuan wisata sesuai dengan selera sang wisatawan. Sang agen menawarkan nilai tambahnya sebagai seorang yang berfungsi sebagai filter dan selektor dalam menganalisa informasi yang jumlahnya sangat banyak mengenai daerah-daerah wisata, atraksi dan daya tarik setiap daerah wisata.
Setiap manusia selalu mempunyai rasa ingin tahu terhadap dunia luar, apalagi dengan perkembangan teknologi digital yang makin pesat mendorong manusia untuk melakukan perjalanan untuk mengenal dunia yang lain. Dengan semakin berkembangnya pemakaian Internet di seluruh dunia, terutama pemakaian Internet sebagai media yang memungkinkan seorang wisatawan untuk langsung mengatur rencana perjalanannya dan membuat reservasi hotel dan jasa transportasi, maka semakin ramai juga dibicarakan dampaknya Internet ini bagi agen-agen perjalanan (travel agents).
Dampak Internet yang paling sederhana adalah tuntutan bahwa setiap agen perjalanan harus mampu mengintegrasikan pemakaian Internet sebagai media untuk menjangkau dan melayani konsumennya. Internet mungkin akan menuntut agen perjalanan untuk berfungsi lebih dari sekedar badan yang melakukan reservasi. Tersedianya Internet bagi para konsumen mungkin akan mendorong para agen perjalanan untuk menawarkan nilai tambah lainnya bagi para konsumen. Nilai tambah ini dapat berupa pengetahuan yang lebih mendalam mengenai tujuan wisata, agen perjalanan didorong untuk menjadi konsultan perjalanan.
Internet adalah sebuah fenomena yang membuka kesempatan yang sangat luas dan positif bagi dunia agen perjalanan Indonesia dan seluruh dunia. Hal ini disebabkan Internet mampu:
1. Meningkatkan minat untuk travel di kalangan masyarakat dunia.
Semakin tersedianya informasi mengenai daerah tujuan wisata akan meningkatkan minat masyarakat dunia untuk travel. Yang jelas, kesenjangan informasi yang menyebabkan ketidak-tahuan akan semakin berkurang, sehingga orang akan lebih mempunyai minat untuk travel ke daerah-daerah tujuan wisata yang sebelumnya tidak dipertimbangkan.
2. Memperluas pasar.
Internet memungkinkan para agen perjalanan di Indonesia untuk menawarkan produknya secara langsung kepada para wisatawan dan partner agen perjalanan di negara-negara yang selama ini tidak terbuka. Hasil survey Bali Online menunjukkan, setiap dollar yang dibelanjakan oleh seorang wisatawan di Bali, ada satu atau satu setengah dollar lagi yang dibelanjakan oleh sang wisatawan di luar Bali. Mungkin ini untuk membeli tiket pesawat, membeli paket tour di negaranya, dsb. Kalau ini bisa ditawarkan langsung dari Indonesia (melalui Internet), berarti volume transaksi pariwisata Indonesia bisa meningkat tanpa perlu meningkatkan jumlah wisatawan yang datang.
3. Memperluas komunikasi untuk melayani konsumen.
Semakin luasnya pemakaian Internet memungkinkan komunikasi yang semakin luas antara agen perjalanan dan konsumen lebih dari jam buka kantor. Dengan meningkatnya pilihan bagi konsumen, meningkatnya target pasar agen perjalanan, serta meningkatnya komunikasi antara agen perjalanan, dan konsumen, maka dunia usaha perjalanan akan berlangsung dengan semakin lancar. Pelaksanaan dunia usaha perjalanan akan semakin mudah.
Intelligence Unit dari majalah Economist, dalam laporannya mengenai hubungan Internet dan pariwisata menyimpulkan bahwa teknologi informasi Internet ini mempunyai dampak yang bersifat fundamental dan luas dalam mekanisme pemasaran, distribusi, penjualan, dan penyampaian travel, karena pada dasarnya bisnis utama di belakang travel adalah informasi (“fundamental and far reaching impact on the way travel is marketed, distributed, sold and delivered simply because the real business behind travel is information").
Sewaktu fasilitas telepon bebas pulsa 1-800 diperkenalkan di Amerika. Hotel dan perusahaan penerbangan menyediakan fasilitas nomor ini untuk orang yang ingin membuat reservasi penerbangan atau hotel, para agen perjalanan banyak yang ribut. Reaksi umum adalah menganggap bahwa Internet itu akan menggantikan fungsi agen perjalanan dan menduga bahwa fasilitas ini akan membuat pekerjaan mereka tidak diperlukan lagi. Ternyata yang dikhawatirkan tidak menjadi kenyataan. Memang benar banyak reservasi yang datang langsung dari pelanggan media online seperti ini. Tapi sebagian besar orang akan tetap memakai jasa seorang agen perjalanan.
Kenapa? Misalnya saya ingin melakukan liburan ke suatu tempat, katakanlah ada 5 jasa transportasi dan 5 hotel di tempat tersebut. Untuk mencari harga terbaik, berarti saya harus menelpon 5 hotel dan 5 jasa transportasi. Menelpon seorang agen perjalanan yang terpercaya jelas akan lebih efisien bagi saya. Belum lagi ditambah dengan kenyataan minimnya informasi yang kita dapat dan di mana sang agen perjalanan mungkin mengetahui promosi atau diskon khusus yang berlaku pada saat saya liburan ke tempat itu.
Sebuah agen perjalanan di Indonesia bisa menjadi kekuatan global dengan seketika, menjangkau konsumen dari seluruh dunia, dengan pelayanan non-stop 24 jam. Jumlah calon
wisatawan yang meningkat, pelayanan yang meningkat, dan jangkauan pasar yang meningkat, jelas merupakan sesuatu yang sangat menarik bagi agen perjalanan Indonesia.
Komunitas online perlu kita perhitungkan juga di zaman serba internet ini. Kita bisa mendapatkan banyak informasi dari para pengguna internet. Belakangan banyak bermunculan tawaran kerjasama dari perusahaan transportasi di forum-forum internet tanah air. Banyak juga situs-situs yang dikelola pecinta perjalanan yang berbagi pengalamannya, disinilah kita bisa banyak belajar dan melihat peluang. Menjalin hubungan dengan komunitas online akan mendukung usaha kita.
Samsung Titanium Watch review - Apple Watch
BalasHapusWith so many watches from Samsung, you can burnt titanium watch a variety of competitions. Every match 2019 ford edge titanium for sale at the competition titanium nitride coating will how much is titanium worth have different ceramic vs titanium flat iron camera angles, so there's no
uo061 kedsskor,gymshark polska,gymshark sale ireland,altra schuhe,altra uk,asics nz,keenshoesportugal,asicspatike,altraschuhewien mr360
BalasHapus